There’s a ‘good’ in goodbye

Setiap orang pasti akan datang dan pergi dalam kehidupan, dulu kita bisa kenal dengannya dan punya sejuta mimpi  terhadap orang tersebut. Tapi pada akhirnya, dia pergi. Bisa kembali atau tidak, kita gak akan pernah tau. Gak ada yang abadi kesimpulannya. Semua yang hidup, pasti datang dan suatu saat akan pergi. Itu sudah jadi hukum alam. Tapi kalau kita bisa menyikapi kepergian seseorang yang kita sayangi dengan hati yang tabah dan sabar, lalu yakin bahwa sebenarnya kalau ini adalah takdir dan kita bisa menerima dengan lapang dada, maka ini bisa menjadi dinamika yang membuat hidup kita jadi lebih berarti, daripada terus-terusan berpikir negatif. Jika kita terus-terusan dalam keadaan terpuruk, maka sama saja dengan kita menggali kuburan sendiri, dan kita akan berada pada kegelapan seumur hidup. Belajarlah untuk bisa berpikir positif akan semua hal yang terjadi pada hidup dan mengambil semua makna serta hikmahnya. Mungkin raga boleh pergi, tapi cinta yang sudah ditanam selama ini tidak akan beranjak kemana-mana. Biarlah cinta itu tumbuh dengan besar. Jaga dia, karena suatu saat kita bisa berikan cinta yang besar ini untuk orang yang tepat. Tentunya untuk orang yang akan datang ke kehidupan kita, atau mungkin pula dia yang akan kembali lagi.

 

Anggapan kalau sesuatu yang kita perjuangkan dan dapatkan dengan susah payah itu akan abadi, ternyata salah besar. Semua bisa hilang dalam waktu sekejap. Tuhan memang Maha Adil, memberikan kita kemampuan akal dan pikiran untuk mendapatkan yang kita mau. Tapi kalau memang gak pantas untuk kita, ujung-ujungnya ya diambil juga. Tapi setidaknya kita sudah merasakan jerih payah yang kita lakukan. Apapun bentuknya, mau cinta, karir, benda berharga, dan orang yang kita sayangi, semua bisa kita dapat. Tapi jangan harap mereka abadi.

 

Ketika cinta hilangkita akan bersedih karena merasa telah kehilangan sesuatu yang berharga dalam hidup. Namun kembali lagi Tuhan memberikan akal dan pikiran. Kalau sebenarnya kita bisa berpikir bahwa rasa ikhlas dan tabah perlu kita tanam dalam diri dan dilatih setiap hari sampai hati ini kuat menerima kenyataan yang paling buruk sekalipun. People come, people go. Suatu kenyataan yang mengiris hati. Suatu hal yang kadang berat untuk kita terima. Semoga waktu yang tak dilewati bersama dengannya dapat membuat kita menjadi orang baru, orang bijak dan lebih dewasa. Dan yang paling penting bisa jadi orang yang lebih baik dari hari-hari sebelumya.