Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

 

Fotograf di atas pasti bukan pemandangan yang asing untuk pengguna jalan antar kota atau antar provinsi di Indonesia. Sejumlah hewan ternak yang dikumpulkan berdempetan dalam satu mobil bak terbuka yang sempit.

Suatu hari gue melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan mobil. Di jalan raya yang cukup padat dan ruang untuk kendaraan melaju lebih kencang terbatas gue menyimpulkan bahwa sangat tidak enak menjadi hewan ternak. Sounds ridiculous but it’s true. Pikiran ini gue dapat karena waktu itu persis di depan mobil gue adalah mobil pengakut hewan ternak, dan saat itu gue dalam posisi sebagai supir. Dan perjalanan yang terhambat bikin pikiran gue jadi ngawang gak jelas kemana.

Pernah gak sih kalian mikirin nasib hewan ternak yang ada di dalam mobil bak terbuka itu ?! Berdiri, menempuh jarak yang tidak dekat, dempet-dempetan, kepanasan dan ketika sampai di tempat tujuan siap-siap dipotong pula, ngeeeekkkkk !!!!

Kalo aja tuh hewan bisa ngomong ya, gue rasa dia bakalan ngumpat abis-abisan. Tapi ya itulah takdirnya sebagai hewan ternak. Jadi manusia, bersyukur dan berterima kasih serta ingatlah selalu pengorbanan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan kita. Jangan sampai karena nafsu, jiwa yang mereka korbankan karena raga yang kita konsumsi menjadi sia-sia😉