A new hope

 

Harapan merupakan energi jiwa yang berpotensi meningkatkan daya hidup manusia. Sumber harapan adalah iman yang memancarkan pijar – pijar profetik. Energi harapan mengangkat mental manusia menjadi lebih tangguh dalam menghadapi setiap tantangan hidup, baik internal ataupun eksternal.

Mental yang kokoh, mendorong seluruh potensi otentik manusia muncul ke permukaan. Potensi – potensi itu antara lain : kecerdasan, kemampuan teknis, intuisi, dan isnting yang menentukan lahirnya kreativitas.

Harapan merupakan unsur yang sangat penting dalam setiap upaya mengadakan perubahan sosial agar manusia menjadi lebih hidup, lebih sadar, dan lebih berakal. Harapan itu bersifat paradoks. Harapan bukan menunggu secara pasif, tetapi juga bukan pemaksaan yang tidak realistis terhadap keadaan. Ibarat kupu – kupu, dia akan terbang mendadak ketika waktunya tiba.

Harapan adalah sauh yang kokoh bagi jiwa seseorang. Ketika masalah dan cobaan datang, seringkali melemahkan diri kita, ketenangan hati mulai hilang dan imanpun menjadi goyang. Tapi dibalik semuanya itu, ada satu yang tak boleh hilang dari diri kita, yaitu harapan

Disaat yang lain mulai goyah, hanya ada satu yg masih tersisa, yaitu pengharapan. Harapanlah yang membuat kita tetap dapat berdiri tegak, disaat yang lain sudah menyerah. Apapun masalahnya, seberat apapun situasinya, jangan pernah berhenti berharap. Karena pengharapan itu selalu ada walaupun kecil.