Monster yang bernama tamak

 

Apa yang akan kamu lakukan jika integritas personalmu disentil ?! Marah ?! Jelas !! Kesal ?! Pasti !! Kenapa ?! Karena ketika hal yang sebenarnya begitu pribadi jika dipaparkan di depan publik, maka itu adalah sebuah bentuk pencorengan identitas. Berbagi adalah suatu bentuk kenyamanan diri. Di saat kita merasa aman untuk menyampaikan hal – hal yang berkenaan personilitas dengan orang lain, maka itu merupakan satu bentuk kepercayaan.

Tapi segala sesuatu tentu punya dua sisi, ying dan yang. Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan itu pelan – pelan akan berubah menjadi monster yang bernama ketamakan. Ketika kepercayaan tak lagi tau, maka ketamakan akan berusaha untuk mengorek – orek sisi personalitas tersebut.

Care, peduli itu mungkin basicnya. Tapi kenapa rasa tersebut bisa berubah menjadi ikut campur alias intervensi ?! Karena rasa kepemilikan yang tinggi. Ini yang susah untuk menahannya. Ketika kedekatan dengan seseorang terjalin, maka pelan – pelan rasa tamak untuk menguasai orang tersebut akan muncul.

Ketamakan tersebut, nanti akan menghasilkan kejahatan – kejahatan yang lain seperti rasa curiga, buruk sangka yang akan berakhir dengan membentuk kesimpulan sendiri. Itu merupakan sebuah kompensasi untuk mengobati dahaga penasaran yang ada selama ini.

Well, rasa ingin tau itu memang sifat dasar manusia. Tak bisa dihilangkan. Dan selamanya akan tertanam dalam diri orang tersebut. Walaupun tak bisa dihilangkan, bukan berarti tidak bisa dikontrol. Kendali diri yang berperan penting disini. Tidak selamanya ketidaktahuan membawamu dalam gerbang kebodohan. Ketidaktahuan kadang dapat menyelamatkanmu dari sebuah petaka sosial.

Always remember that everyone has three lives: A public life, a private life, and a secret life. Jadi jangan coba – coba mengutak atik hidup sesorang apalagi kehidupan pribadi terlebih lagi kehidupan rahasianya. And of course we can never judge life of others, do respect with it, because only them know their pain and renunciation

Ok, akhir kata semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua.